Tuesday, March 30, 2021

3 Poems about Nature in Indonesian Language

 



1. Surga Dunia Tempatku Dilahirkan



Di suatu pagi aku terbangun

Alunan udara menyapaku dengan lembut

Ku langkahkan kaki perlahan

Aku berdiri dan terdiam diambang pintu

Sembari melihat panorama indah yang terbentang luas

 

Gunung-gunung berbaris rapi dengan

Sawah hijau bergerak mengikuti aluran angin

Seolah menari-nari menyambut bangunku pagi ini

Burung-burung berkicau, menari, bersahut-sahutan

Menunjukan betapa bahagianya mereka pagi ini

 

Inilah surga duniaku..

Tempat dimana aku dilahirkan dan di besarkan

Tempat dimana aku diajarkan berjalan dan berbicara

oleh ibunda tercinta..

Rasa sejuk, nyaman, dan tentram begitu melekat di jiwa


Tak henti-hentinya aku berdecak kagum dan

Besryukur kepada sang Zat yang Maha Sempurna

Berkat-NYA surga ini tercipta..

Duhai desaku.. kau surga duniaku yang terindah..


2. Sang Sahabat Malam




Di malam hari yang sunyi dan dingin

Ku buka jendela kamarku

Ku lihat sang rembulan yang menatapku penuh hangat

Seolah-olah menyapaku untuk

Melenyapkan heningnya malam

 

Terlihat di setiap sisi sang bulan

Hamparan bintang yang berkerlap-kerlip

Menambah nuansa panorama indah sang bulan

Gelapnya malam ini

Menjadikan sang bulan dan bintang bak sahabat

Di malam yang kelam

 

Kehadiran sang bulan dan bintang yang slalu kunantikan

Untuk menenagkan jiwa yang berkecamuk

Wahai sang bulan dan bintang

Tetaplah bersinar di tengah pekatnya malam

Untuk menemani malam umat yang sepi

 

3. Andai Hutan Dapat Berbicara




Lihatlah..

Daun hijau ku yang mulai layu bertebaran diatas tanah

Serpihan ranting ku berserakan di tiup angin

Batang ku nan coklat terbelah menjadi dua

Akar ku mulai melemah tanda ia sudah tak mampu

untuk bertahan..

 

Aku pun bertanya-tanya..

Kesalahanan apa yang telah aku lakukan

Hingga kalian tega berbuat seperti ini

Aku hanya ingin tetap berdiri dengan kokoh

Tumbuh segar berwarna hijau untuk menyejukan

bumi ini..

 

Aku hanya ingin tetap bercengkrama dengan udara

Agar aku tetap dapat memberikan kehidupan

kepada umat manusia

Aku hanya ingin tetap berdiri dengan gagah

Agar dapat melindungi bumi ini dari

gejolaknya bencana alam

 

Cukup..

Hentikanlah semua penyiksaan ini

Jaga dan rawat lah aku kembali

Jangan biarkan alam semakin murka

Karena aku tak sanggup melihat

ibu pertiwi ini menangis lagi..

 



No comments:

LET'S learn english together!

HELLO, THERE!